Monster

From Musuh Abadi
Jump to: navigation, search

Monster berdasarkan sistemnya memiliki "batas wilayah" yang tidak terlihat di mana dia akan mengejar si pemain bilamana diserang ataupun tidak diserang. Tapi kalo wilayah kejaran sudah melebihi batas itu, maka dia akan kembali ke titik asalnya. Pada kondisi ini, pemain mana pun yang berusaha menyerang monster itu, tidak akan melukainya sedikitpun (kebal).

Contents

[edit] Sifat Monster

Monster memiliki dua sifat dasar, yaitu pasif dan agresif. Perbedaannya dijelaskan seperti di bawah ini:

  • Pasif. Jika kita mendekati batas wilayah monster ini, maka mereka tidak akan bertindak apa pun terhadap si pemain, kecuali mereka diserang duluan oleh si pemain barulah mereka akan membalas menyerangnya. Biasanya monster pasif akan ditampilkan dengan nama berwarna kuning.
  • Agresif. Jika kita mendekati batas wilayah monster ini, maka mereka akan berusaha menyerang kamu terlebih dahulu. Biasanya monster agresif akan ditampilkan dengan nama berwarna merah.

[edit] Tipe Monster

Monster dibagi ke dalam dua tipe, Bandit dan Ketua. Keduanya memiliki perbedaan masing-masing.

[edit] Bandit

Selain memiliki serangan biasa, Bandit memiliki 1 jenis skill. Skill ini memiliki waktu cooldown (aktif) tertentu. Begitu tiba waktunya, monster itu akan ada kemungkinan menggunakan skill tersebut, walau kecil. Kalo misalnya masih dalam waktu cooldown, monster ini tetap akan menggunakan serangan biasa.

Setiap Bandit akan menjatuhkan benda bilamana terbunuh, ada sekitar 30 jenis item yang bisa dijatuhkan oleh monster. Namun, tidak semua benda akan dijatuhkan oleh Bandit. Masing-masing benda memiliki nilai kemungkinan jatuh dari monster tersebut, dan kemungkinan monster menjatuhkan benda tidak pasti "1 benda," mungkin saja bisa "beberapa benda."

[edit] Ketua (Boss monster)

Monster tipe Ketua pada dasarnya sama dengan monster tipe Bandit, tetapi perbedaan Ketua dan Bandit terutama pada hal sebagai berikut.

  • Nilai Darah (HP) Tinggi
    Monster Ketua memiliki jumlah darah yang berlipat ganda daripada monster Bandit, makanya cenderung monster ini lebih sulit dikalahkan.
  • Kecenderungan Penyerangan
    Karena monster ketua selalu memiliki darah yang berlipat ganda, maka ada kecenderungan pula kalo monster ini akan dikeroyok secara massal. Sistem kemudian menyiapkan daftar pemain yang menyerangnya, mencatat luka yang ditimbulkan oleh pemain tersebut, dan mensortirnya sampai 50 nama teratas. Daftar ini nantinya untuk menentukan pembagian drop item
    Data ini juga menentukan pemain mana yang akan diserang oleh si Ketua. Caranya, sistem akan memilih 1 pemain yang paling banyak melukai Ketua. Jika ada pemain lain yang mampu melukai melebihi 20% dari luka yang ditimbulkan pemain terpilih, baru bisa membuat monster mengubah sasaran serangan.
  • Skill
    Selain serangan biasa, Ketua memiliki total 10 skill. Skill ini akan dikeluarkan dengan kondisi tertentu.
    • HP Ketua kurang dari 50%
    • HP Ketua kurang dari 20%
    • Nilai darah (HP) Ketua target kurang dari 20%
    • Setelah Ketua diserang oleh serangan sihir jarak jauh
    • Setelah Ketua diserang oleh serangan fisik jarak jauh
    • Setelah Ketua diserang oleh serangan fisik jarak dekat
    • Poin sihir (MP) Ketua mencapai 100%
    • Ketua masuk ke dalam pertempuran
    Jika kondisi di atas dipenuhi, maka skill dari Ketua akan dilepaskan dimulai dari skill terlemah sampai skill terkuat.

[edit] Distribusi Drop Item

Ketika monster menjatuhkan item, akan dialokasikan berdasarkan hak kepemilikan item. Lalu setelah alokasi dipastikan, baru ditentukan apakah perlu mengurangi item milik pemain tertentu.

Setiap pertarungan dengan monster akan terkena pengaruh dari ketentuan yang akan dijelaskan berikut ini, tapi item misi tidak akan terkena pengaruh. Jika level pemain lebih tinggi dari atau sama dengan 3 level di atas monster, maka item yang jatuh mulai berkurang. Setelah menentukan item yang jatuh dan hak kepemilikan item, baru ditentukan level pemain. Jika level pemain memenuhi kriteria pengurangan, maka akan dihitung berdasarkan tabel di bawah.

Level Pemain Dikurangi Level Monster Persentase Drop Item
(Drop Rate)
< 3 100%
3 70%
4 60%
5 50%
6 40%
7 30%
8 20%
9 10%
>= 10 Tidak Drop

Ketika melawan 1 Ketua (Boss monster), juara 1 (karakter yang mengkontribusi damage paling besar) mendapatkan 4 item, juara 2 mendapatkan 3 item. Tapi ketika level pemain untuk juara 1 terlalu tinggi, kemungkinan akan muncul kondisi berikut: jumlah item yang diperoleh juara 1 mungkin lebih sedikit daripada jumlah item yang diperoleh juara 2. Jika item berkurang karena ketentuan penjatuhan, maka dianggap "diambil oleh sistem." dan tidak akan diberikan kepada pemain lain. Berikut adalah contoh:

2 pemain melawan 1 Ketua, dan Ketua menjatuhkan 7 item. Maka berdasarkan ketentuan, pemain A yang juara 1 seharusnya mendapatkan 4 item, pemain B yang juara 2 seharusnya mendapatkan 3 item (dengan asumsi mereka kebetulan mencapai harapan melukai). Tetapi, level pemain A lebih tinggi 5 level (menjadi 50% drop rate) daripada monster. Jadi berdasarkan "Kemungkinan ‘Akhir’ Jatuhnya Item," pemain A akhirnya mendapatkan 2 item, dan pemain B "tetap" mendapatkan 3 item. Pemain A "diambil" 2 item oleh system.

Jika pemain yang melawan monster merupakan bagian dari suatu tim (kelompok/party), maka penjatuhan akhir item dihitung berdasarkan level pemain tertinggi di dalam tim tersebut. Karena ketika player membentuk tim, akan muncul "level tim," di mana level ini sama dengan level pemain tertinggi di dalam tim pada saat membentuk tim. Kegunaan dari "level" ini adalah, ketika Ketua (Boss monster) dikalahkan dalam serangan, akan dijadikan dasar perhitungan apakah item tim perlu dikurangi. Ketika ada pemain lain dengan level lebih tinggi bergabung, level ini diubah menjadi level pemain yang lebih tinggi tersebut. Jika ada anggota tim yang meninggalkan tim, level ini tidak berubah. Ketika tim bubar, "level tim" baru akan dihapus.

[edit] Distribusi Item

(on progress..)

Re-review this revision
Accuracy: Sighted   Depth: Basic   Readability: Acceptable